ILMU YANG DIAMALKAN

”Tuntutlah ilmu dari masa buaian sampai menjelang masuk liang kubur.” – Al-Hadits –

”Menuntut ilmu hukumnya wajib bagi setiap Muslim.” -Al-Hadits –

”Siapa yang keluar rumah untuk menuntut ilmu maka ia berjuang fisabilillah hingga kembali ke rumahnya.” – Al-Hadits –

”Tidak boleh hasud (iri) kepada orang lain kecuali kepada orang yang diberi kekayaan oleh Allah, kemudian ia menggunakannya untuk membela kebenaran dan kepada orang yang diberi ilmu tatkala ilmunya diamalkan dan diajarkan kepada orang lain.” – Al-Hadits -

Dari beberapa hadits tersebut diatas kita dapat menarik kesimpulan bahwa belajar atau menuntut ilmu sangatlah penting bagi kesuksesan dalam kehidupan kita. Begitu istimewanya orang yang belajar dan menuntut ilmu sampai diperbolehkan Rasulullah untuk iri kepada mereka. Padahal kita tahu bahwa iri adalah salah satu perbuatan yang dilarang. Namun dalam kasus orang yang menunutu ilmu pengetahuan dan mengamalkan atau mengajarkannya untuk memberikan manfaat bagi orang lain, kita dibolehkan untuk iri kepadanya.

Menuntut ilmu artinya mengembangkan kemampuan nalar atau akal pikiran yang telah dikaruniakan oleh Allah kepada kita. Dapat dilakukan melalui sekolah atau pendidikan formal yang utamanya untuk mengembangkan kemampaun berpikir atau IQ, maupun melalui berbagai sarana dan media pembelajaran lainnya untuk saling melengkapinya. Bahkan begitu pentingnya, Rasulullah memerintahkan untuk menuntut ilmu sampai ke negeri Cina. Ini merupakan indikasi nyata bahwa pentingnya menuntut ilmu pengetahuan. Kalau kita pahami, tentu belajar ke Cina bukanlah belajar tafsir atau agama, pasti adalah belajar dalam ilmu pengetahuan, teknologi, industri, dan perdagangan.

Maka, janganlah lelah apalagi merasa ragu untuk terus menuntut ilmu, sahabatku. Belajar itu tidak ada batas waktunya, teruslah mengembangkan diri melalui continues learning. Baik menuntut ilmu melalui pendidikan formal atau sekolah, maupun melalui sarana lain termasuk milis Motivasi Indonesia ini. Karena dengan ilmu pengetahuan yang tinggi akan menjadikan kita bijak dalam bertutur kata, pandai dalam berpikir dan mulia dalam bertindak untuk memberikan manfaat semakin luas bagi kehidupan manusia dan peradaban dunia. Dengan demikian ukuran kesuksesan orang dalam belajar, sekolah ataupun menuntut ilmu sesungguhnya bukanlah pada ukuran jabatan duniawi yang akan diperolehnya. Bukan pada kekayaan harta yang akan dimilikinya. Melainkan yang utama adalah pada manfaat ilmu pengetahuan yang dimilikinya untuk memberikan kemaslahatan bagi umat dan bangsa. Memberikan manfaat bagi semakin banyak orang lain.

Meskipun melalui sarana dan media milis seperti ini sekalipun, gunakalah untuk terus belajar dan mengasah diri bertumbuh lebih baik setiap hari. Dan yang penting, janganlah segan untuk berbagi dan mengamalkan ilmu yang kita peroleh untuk kebaikan sesame kehidupan. Ilmu yang diamalkan itulah yang akan memberikan manfaat dan kelimpahan hidup kita. Selamat belajar menunut ilmu dan berbagi mengamalkannya bagi sesama kehidupan. SEMOGA BERMANFAAT.

Salam Motivasi Sukses Dan Mulia,

This entry was posted in Uncategorized by admin. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>